Home About Us News
System Air Conditioner

Tipe-Tipe Compressor Gas

Sumber : wikipedia.org

Seperti yang kita ketahui bahwa compressor ac pada khususnya memiliki berbagai tipe, diantaranya adalah :


Compressor Dinamik
Adalah compressor/kompressor yang menggunakan impeler atau vane berputar untuk meningkatkan kecepatan dan pressure dari fluida (gas). compressor/kompressor ini menghasilkan volume udara kompresi yang besar pada tekanan yang kecil. Kompresor sentrifugal dan aksial adalah 2 jenis compressor/kompressor dinamik. Compressor/kompressor sentrifugal menggunakan prinsip gaya sentrifugal, udara masuk melalui sisi inlet di tengah-tengah compressor/kompressor, lalu melewati impeler yang berputar, dan melewati volute cassing sebelum keluar menuju outlet compressor/kompressor. Sedangkan compressor/kompressor aksial terdiri atas blade yang berputar pada rotor, dan blade yang diam di sisi stator. compressor/kompressor ini menggunakan prinsip gaya axial, dengan aliran udara yang searah dengan sumbu poros.

Gambar Compressor Sentrifugal

Contoh penggunaan kompresor sentrifugal antara lain pada mesin jet, turbin gas, supercharger dan turbocharger pada mesin diesel, perusahaan kimia, air conditioning dan refrigerator, dan lain sebagainya.

Compressor/kompressor Positive Displacement

Adalah compressor/kompressor yang menghasilkan udara bertekanan tinggi dengan jalan menurunkan besar volume. Salah satu jenis compressor/kompressor positive displacement adalah compressor/kompressor reciprocating dengan piston yang penggunaannya sangat banyak Anda jumpai di pinggir-pinggir jalan raya, pada air conditioner besar, dan juga pada mesin otomotif.

Gambar Rotary screw compressor

Jenis lain dari compressor/kompressor positive displacement antara lain adalah rotary screw compressor, rotary vane compressor, dan scroll compressor. Rotary screw compressor menggunakan 2 helical screw yang berputar untuk menghasilkan udara terkompresi. compressor/kompressor ini banyak digunakan di industri-industri besar yang membutuhkan compressed air dalam jumlah yang besar seperti di PLTU contohnya.

Rotary vane compressor menggunakan vane atau blade pada sisi rotor. Udara yang masuk dari sisi inlet akan dikompresi oleh sudu-sudu yang berputar di dalam casing menuju sisi outlet. Sedangkan untuk scroll compressor menggunakan 2 vane yang berbentuk spiral, yang posisi keduanya tidak sejajar.

 

Tips Merawat Kebersihan dan Keawetan AC

Menjaga dan merawat AC bukan merupakan hal yang sulit. Berikut ini merupakan tips kebersihan dan keawetan AC :

  • Pasanglah outdoor AC ditempat yang tidak terkena hujan dan panas matahari agar tidak cepat karat dan keropos.
  • pasanglah posisi indoor lebih tinggi daripada outdoor, apabila tempat yang tersedia tidak memungkinkan, dan mengharuskan outdoor lebih tinggi,maka pastikan pipa ac harus mengarah keatas terlebih dahulu minimal 1,5 m dari kran outdoor, hal ini untuk menjaga agar oli tidak turun ke indoor, apabila hal ini terjadi, maka ada kemungkinan akan menyebabkan penyumbatan di capiler dan filter drier dan hal ini akan membuat amper menjadi tinggi {bayar listrik jadi mahal} serta kompressor jadi cepat rusak.
  • Pipa yang terpasang jangan kurang dari 3 meter atau melebihi jarak yang di tentukan sesuai dengan capasitasnya yang akan menyebabkan sirkulasi terlalu cepat atau terlalu berat pada compressor.
  • Read more...
     

    Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan compressor

    Dalam pemasangan compressor ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

    - Apa penyebab compressor lama tidak dapat berfungsi/rusak?
    # Voltase yang tidak stabil
    # Ada kerusakan pada sistem electrical
    # Adanya kebocoran sehingga oli berkurang didalam compressor
    # Faktor penyusutan/ lamanya pemakaian
    - Apakah voltase listrik sudah stabil?
    - Pastikan sistem lainnya dalam rangkaian sistem baru/berfungsi dengan baik sehingga tidak terjadi penyumbatan;

    Read more...
     

    Penyebab Kerusakan Compressor

    Pada umumnya penyebab kerusakan-kerusakan yang terjadi pada compressor disebabkan beberapa hal sebagai berikut :

    1. Pengelasan yang terlalu lama.
    2. Voltase listrik yang ditidak stabil.
    3. Kehilangan Phase.
    4. Kehilangan pelumas pasa saat mencapai titik panas tertentu.
    5. Terjadi Penyumbatan pada saluran discharge.
    6. Terjadi penyumbatan pada filter dryer / expansi.
    7. Kekurangan volume oli karena saluran discharge yg panjang.
    8. Kebanyakan gas liquid dalam saluran suction.
    9. Pengantur suhu (Thermostat) yang tidak berfungsi mengakibatkan compressor bekerja terus-menerus
    10. Faktor Usia / penyusutan

    Solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan compressor sebagai berikut:

    1. Keahlian pengelasan yang baik
    2. Perbaiki sumber listrik atau memasang overload kontaktor
    3. Memasang Phase Failure Relay
    4. Memasang Oil Protector controll (OPC)
    5. Melakukan Flashing & Nitrogen (N2)
    6. Ganti Filter dryer/ expansi dengan yang baru
    7. Memasang Oil Separator
    8. Memasang Suction Akumulator
    9. Menganti Thermostat
    10. Ganti Compressor dengan yang baru

     

    Mengenal bagian-bagian AC

    AC Expansion valve system

    Mari kita saling berbagi sedikit info mengenai bagian-bagian air conditioner ( AC ), Sebenarnya saja sih di dalam unit air conditioner ( AC ) itu. Nah ini dia Bagian-bagian dari Air Conditioner ( AC ) adalah meliputi,Compressor ac , Kondensor, Evapurator, Pengering, Pipa Kapiler Atau Ekspansi, Straeiner ( filter ). Nah nanti bagian-bagian dari unit AC akan kami jelaskan.


    Dan yang paling penting untuk Air Conditioner adalah PERAWATAN berkala ( Rutin di bersihkan ), Ayo sekarang mari kita bahas tentang bagian-bagian dari Air Conditioner :

    Compressor / Kompressor

    Merupakan bagian yang paling penting dari mesin pendingin, compressor ac menekan bahan pendingin kesemua bagian dri system. Pada system refrigerasi compressor ac bekerja membuat perbedaan tekanan pada masing masing bagian. Karena dengan adanya perbedaan antara sisi tekanan tinggi dan tekanan rendah, maka bahan pendingin cair dapat melalui alat pengatur aliran ke evaporator.
    Fungsi compressor ac sendiri adalah menghisap gas refrigerant dari evaporator yang bertekanan dan bertemperatur rendah kemudian memampatkan gas tersebut menjadi gas yang bertekanan dan bertemperatur yang tinggi.

    Kondensor

    Kondensor adalah alat untuk membuat kondensasibahan pendingin gas dari kompresor dengan suhu tinggi dan tekanan tinggi. Untuk penempatanya sendiri, kondensor ditempatkan diluar ruangan yang sedang didinginkan, agar dapat membuang panasnya keluar. Kondensor merupakan jaringan pipa yang berfungsi sebagai pengembunan. Refrigerant yang yang dipompakan dari kompresor akan mengalami penekanan sehingga mengalir ke pipa kondensor, kemudian mengalami pengembunan. Dari sini refrigerant yang sudah mengembun dan menjadi zat cair akan mengalir menuju pipa evaporator.

    Evaporator

    Evaporator merupakan jaringan pipa yang berfungsi sebagai penguapan. Zat cair yang berasal dari pipa kondensor masuk ke evaporator lalu berubah wujud menjadi gas dingin karena mengalami penguapan. Selanjutnya udara tersebut mampu menyerap kondisi yang ada dalam ruangan mesin pendingin. Selanjutnya gas yang ada dalam evaporator akan mengalir menuju kompresor karena terkena tenaga hisapan.

    Pengering

    Pengering terdiri dari sebuah silinder yang berisi desikan. Desikan tersebut dibungkus dengan maksud untuk mempermudah saat penggantiannya. Fungsi lain dari pembungkus desikan tersebut agar serbuk desikan yang halus tidak keluar dari pengering dan ikut larut bersama refrigerant. Sedangkan pengering sendiri berfungsi untuk menghilangkan uap air dari refrigerant.

    Pipa kapiler atau ekspansi

    Pipa kapiler adalah suatu pipa pada mesin pendinginyang mempunyai diameterpaling kecil jika dibandingkan dengan pipa pipa yang lainya. Pipa kapiler ini biasanya berukauran diameter 0,8 2,0 mm dengan panjang kurang lebih 1 meter. Permasalahan yang sering timbul pada pipa kapiler ini adalah karena kebocoran atau tersumbat. Pipa kapiler berfungsi untuk menurunkan tekananan mengatur cairan refrigerant yang mengalir di pipa kapiler. Sebelum gas mengalir ke pipa kapiler harus melalui alat yang disebut dried stainer atau saringan.

    Ekspansiberfungsi sama seperti pipa kapiler. Ekspansi disini sebagai pengontrol refrigerant / freon yang mengalir dari pipa ke pipa lainya.

     
    • «
    •  Start 
    •  Prev 
    •  1 
    •  2 
    •  Next 
    •  End 
    • »


    Page 1 of 2

    Pengunjung

    Kurs Mata Uang Asing

    Kurs Jual Beli
    sumber: KlikBCA.com